https://ojs3.relawanjurnal.id/index.php/iiq-anu-nur/issue/feed IIQ AN NUR 2023-06-22T06:02:47+00:00 QOWIM MUSTHOFA janurmusthofa@gmail.com Open Journal Systems https://ojs3.relawanjurnal.id/index.php/iiq-anu-nur/article/view/284 Submission contoh 2023-06-22T06:02:46+00:00 QOWIM MUSTHOFA janurmusthofa@gmail.com <p>ini abstrak</p> 2023-06-22T05:57:43+00:00 Copyright (c) 2023 IIQ AN NUR https://ojs3.relawanjurnal.id/index.php/iiq-anu-nur/article/view/104 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PEMBERIAN RIWARD SIWA KELAS V SD PALBAPANG BARU 2023-06-22T06:02:47+00:00 Triyantara budi.jumbo@gmail.com <p>Mengingat pentingnya pendidikan, maka telah banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia. Dalam dunia pendidikan saat ini, peningkatan kualitas pembelajaran baik dalam penguasaan materi maupun metode pembelajaran selalu diupayakan. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dalam penyusunan berbagai macam skenario kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut terjadi interaksi antara siswa dengan siswa, interaksi antara guru dengan siswa, maupun interaksi siswa dengan sumber belajar. Prestasi belajar siswa merupakan output dari proses belajar, dengan demikian faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar juga langsung mempengaruhi prestasi belajar. Untuk memperoleh prestasi belajar yang 2 maksimal dengan hasil yang baik, maka harus benar-benar memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Menurut Slameto, banyak faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar siswa diantaranya adalah faktor internal yakni faktor yang berasal dari individu anak itu sendiri yaitu faktorbiologis dan faktor psikologis, serta faktor eksternal siswa yakni faktor yang berasal dari luar individu yaitu faktor non sosial dan faktor sosial.</p> 2022-06-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 IIQ AN NUR