MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN MEDIA GUNTING DI KELOMPOK B TK GOWATA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

  • NORMA SULISTIYANI TK KREATIF
Keywords: MOTORIK HALUS ANAK

Abstract

ABSTRAK

 St. Nursina. 2017. Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting dengan Media Gunting di Kelompok B TK Gowata Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka Makassar.

Tujuan perbaikan kegiatan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dengan media gunting di Kelompok B TK Gowata Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa”.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur kerja dua siklus yang terdiri dari merencanakan, melakukan, mengamati dan refleksi. Yang dilaksanakan di Kelompok B pada TK Gowata Kecamatan Pallangga  Kabupaten Gowa dengan subjek penelitian guru dan anak didik berjumlah    26 (dua puluh enam) orang tahun pelajaran 2017/2018 yang berusia antara 5-6 tahun.

Dari siklus 1 dan II terjadi perubahan yang signifikan pada kegiatan menggunting dengan media gunting. Hal itu dapat terlihat pada siklus I dari 26 anak, ada 12 orang anak yang belum berkembang (46%), 5 orang anak mulai berkembang (19,23%), 4 orang anak berkembang sesuai harapan (15,38%), dan 5 orang anak berkembang sangat baik (19,23%). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan persentase dari 26 orang anak, ada 0 orang anak yang belum berkembang (0%), 2 orang anak mulai berkembang (7,9%), 3 orang anak berkembang sesuai harapan (11,5%), dan 21 orang anak berkembang sangat baik (80,7%). Ini berarti kegiatan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan menggunting dengan media gunting yang dilakukan sudah berhasil sesuai dengan harapan.

 

 

Published
2024-01-31
Section
Articles